Brand Kecantikan yang Kemasannya Bisa Dikembalikan dan Didaur Ulang

brand-kecantikan-yang-kemasannya-bisa-didaur-ulang brand-kecantikan-yang-kemasannya-bisa-didaur-ulang

Pastinya menyenangkan ketika kita bisa menggunakan make-up atau skincare agar glowing namun juga turut menjaga lingkungan. Hal inilah yang diangkat oleh beberapa brand make-up maupun skincare yang nantinya akan kita bahas.

Brand-brand tersebut menawarkan sustainable beauty yang bisa diartikan bagaikan menerapkan gaya menyala berkelanjutan dalam merawat kecantikan. Bagaimana bisa?

Pastinya bisa dong, alpa satunya dengan daur ulang kemasan yang notabene sulit terurai. Karena seperti yang kita maklum, limbah bungkus skincare yang dibiarkan menumpuk nantinya bisa saja mengganggu keseimbangan alam dan merusak ekosistem.

Nah berikut ini brand-brand yang telah menerapkan sustainable beauty dengan mendaur ulang kemasan. Kamu bisa turut terlibat juga di dalamnya lo!

1. The Body Shop

Merek kecantikan asal Inggris ini selurusnya sudah lama menerapkan konsep ramah alam, termasuk dalam bahan-bahan yang digunakan. Sekitar 70 persen dari kemasan produknya juga tidak menggunakan bahan bakar fosil, sehingga semua botol plastiknya bisa didaur ulang.

The Body Shop atau yang kerap disingkat TBS sudah sejak lama menyediakan program Bring Back Our Bottle (BBOB). Dimana pembeli bisa mengembalikan kemasan produk yang sudah kosong ke toko termepet untuk didaur ulang.

Ketika kamu mengembalikan wadah kosong maka kamu akan mendapat poin yang bisa dikumpulkan. Poin yang mencapai jumlah tertentu bisa ditukar dengan barang maupun diskon.

2. Somethinc

Kali ini ada brand lokal yakni Somethinc yang menghadirkan program peduli lingkungan yang serupa. Konsumen dapat mengembalikan kemasan kosong dari skincare mereka ke dropbox yang tersedia di semua gerai Somethic.

Kamu bisa mendapatkan voucher seberlipat-lipat Rp 10.000,00 tiap mengumpulkan lima kemasan kosong. Uniknya lagi, kamu bisa mengembalikan kemasan skincare dari semua brand tanpa terkecuali.

3. Innisfree

Produk asal Korea ini diketahui sudah menginisiasi sustainable beauty yang ramah lingkungan sejak tahun 2003. Kamu bisa mendaur ulang sampah sisa kemasan produk Innisfree ke toko innisfree terakrab untuk kemudian didaur ulang.

Namun, program ini hanya berlaku untuk kemasan perawatan kulit, rambut dan badan yang terbuat dari kaca maupun plastik. Satu kemasan yang dikembalikan akan ditukar dengan 6.000 poin yang setara Rp 6.000,00

4. Kiehl’s

Brand perawatan kulit asal Amerika ini turut mengeluarkan program ramah lingkungan dengan tajuk Recycle and Be Rewarded. Program ini mengajak pelanggan untuk mengembalikan sisa kemasan produk yang sudah kosong ke gerai Kehls.

Natinya, tiap satu produk yang dikembalikan akan mendapatkan satu cap atau stempel. Jika sudah terkumpul sepuluh cap, maka bisa ditukarkan dengan satu produk travel size dari Kiehl’s. Namun, perlu diingat bahwa kemasan produk yang bisa dikembalikan cuma kemasan utuh bukan ukuran travel atau sampel.

5. By Lizzie Parra

Selanjutnya ada brand lokal merek By Lizzie Parra yang mengusung konsep ramah area. Brand ini menyediakan program daur ulang berjudul There’s A Box For That (TABFT).

Kamu bisa mendapatkan diskon hingga Rp 25.000,00 untuk pembelian produk tanpa syarat apapun. Syaratnya, setiap pengembalian kemasan kosong produk maka akan mendapat satu stempel yang setara diskon Rp 25.000,00 tersebut.

6. Sensatia Botanical

Ada produk lokal lainnya yakni Sensatia Botanical yang ajak kamu untuk ikut serta dalam program recycle-nya. Kamu bisa mengembalikan kemasan kosong Sensatia Botanical untuk ditukarkan dengan stiker recycle. 12 stiker recycle bisa Anda tukarkan dengan voucher belanja senilai Rp 100 ribu.

Menjaga agar kulit dan penampilan agar tetap cantik dan terawat itu perlu, tapi yang nggak kalah berharga adalah turut menjaga bumi yang kita tinggali. Harapannya sih, semoga semakin gendut merek yang juga menawarkan berbagai program sustainable beauty seperti yang telah kita bahas tadi.