breaking news New

Waktu Yang Tepat Ganti Oli Untuk Mobil Yang Jarang Dipakai

gambar tersebut menggambarkan bagaimana cara memilih oli mesin untuk mobil yang jarang digunakan gambar tersebut menggambarkan bagaimana cara memilih oli mesin untuk mobil yang jarang digunakan

Waktu Yang Tepat Ganti Oli Untuk Mobil Yang Jarang Dipakai

Meski jarang digunakan, Anda wajib ganti oli mobil yang jarang dipakai. Ya, jarang ganti oli ini menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Mengapa demikian ? Sebab, ada proses oksidasi dari uap air pada mesin mobil yang jarang digunakan.

Alhasil, uap air yang tercampur dalam oli mobil inilah yang merusak kandungan adiktif di dalam pelumas dan oli mesin. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil meskipun jarang digunakan.

Anda disarankan untuk melakukan pengecekan kapasitas oli mesin mobil di bengkel terdekat. Namun, Anda bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk melakukan ganti oli mobil, khususnya untuk mobil yang jarang digunakan.

Kapan Waktu Yang Tepat Ganti Oli Untuk Mobil yang Jarang Dipakai ?

Beberapa orang mungkin beranggapan apabila mobil jarang digunakan ini tidak perlu melakukan perawatan, termasuk mengganti oli mobil. Pemahaman ini tentu saja salah besar. Sebab, oli untuk mobil yang jarang digunakan ini tetap wajib diganti secara berkala.

Hal ini bertujuan untuk melindungi dan merawat mesin mobil Anda. Alhasil, mesin mobil tetap aman dari masalah overheating atau bahkan turun mesinUntuk itu, inilah waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil yang jarang digunakan, yakni :

  1. Mencapai 5.000 Hingga 10.000 KM

Waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil meski jarang digunakan ini setidaknya mencapai 5.000 hingga 10.000 kilometer setelah mengganti oli mobil. Hal ini bertujuan agar mesin mobil tetap terlumasi dengan baik serta mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil yang diakibatkan oleh kotoran yang tercampur pada oli mobil.

  1. Sekitar 6 Hingga 12 Bulan

Lalu apakah oli mobil juga harus diganti meskipun belum mencapai 5.000 hingga 10.000 kilometer sejak ganti oli ? Jawabannya adalah wajib diganti. Anda wajib ganti oli untuk mobil yang jarang dipakai sekalipun.

Sebab, mesin mobil yang jarang digunakan ini dapat menimbulkan oksidasi mesin dan menghasilkan uap air. Uap air inilah yang kemudian bercampur dengan oil mesin mobil dan menjadi penyebab utama kerusakan mesin bila Anda tidak segera mengganti oli mobil.

Kapan waktu yang disarankan untuk mengganti oli mobil yang jarang digunakan ? Penggantian oli untuk mobil yang jarang digunakan ini berkisar antara 6 hingga 12 bulan semenjak penggantian oli mobil dilakukan. Sebab, mobil yang jarang digunakan justru mengurangi manfaat pelumasan oli bagi mesin mobil Anda.

Bagaimana Cara Merawat Mobil yang Jarang Digunakan Agar TIdak Cepat Rusak ?

Apakah ganti oli untuk mobil yang jarang dipakai ini dapat menjamin mesin mobil tidak cepat rusak ? Tentu saja tidak. Anda perlu melakukan perawatan pada mobil yang jarang Anda gunakan sekalipun. Untuk itu, ini dia beberapa cara merawat mobil yang jarang Anda gunakan, yakni :

  1. Membersihkan Mesin Dari Debu dan Kotoran

Pertama, Anda harus membersihkan mesin mobil dari debu dan kotoran secara teratur. Sebab, debu dan kotoran pada mesin ini bisa saja masuk ke oli, aki, atau radiator mobil.

  1. Panasi Mobil Secara Teratur

Kedua, Anda harus memanasi mobil secara teratur setiap harinya, minimal 10 hingga 15 menit sehari. Tujuannya adalah agar mesin mobil tetap terlumasi dengan baik. Selain itu, memanasi mobil secara teratur ini juga bertujuan untuk menjaga temperatur mesin mobil agar tetap terjaga dengan baik.

  1. Mencabut Kabel Aki

Ada baiknya Anda mencabut kabel aki apabila Anda tidak menggunakan mobil tersebut dalam jangka waktu yang lama. Tujuannya adalah agar aki tidak cepat rusak (soak) karena tidak pernah Anda gunakan selama berhari-hari hingga berbulan-bulan

Meskipun jarang dipakai, Anda juga wajib memberi perawatan pada mobil yang jarang digunakan. Sebab, apabila dibiarkan terlalu lama juga dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Untuk itu, Anda perlu ganti oli mobil secara berkala.

Namun, ganti oli untuk mobil yang jarang dipakai ini tidak menjamin mesin mobil tetap awet. Anda perlu melakukan beberapa perawatan-perawatan kecil agar mesin terawat dan mobil tetap nyaman kala digunakan kembali.