breaking news New

Fakta Mengenai Negara Meksiko

Meksiko adalah sebuah negara yang teletak di Amerika Utara dan berbatasan dengan Amerika Serikat. Meksiko merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dan juga negara yang paling banyak berbahasa Spanyol. Berikut fakta mengenai negara Meksiko.

1. Meksiko Memiliki 68 Bahasa Asli
Bahasa Nasional yang diakui secara resmi oleh pemerintah Meksiko adalah Bahasa Spanyol. Meski demikian Meksiko juga mengakui 68 bahasa lainnya yang digunakan di antara penduduk asli Meksiko. Namun berdasarkan penelitian, bahasa asli yang digunakan oleh orang pribumi Meksiko ternyata lebih dari 68 bahasa loh, jumlahnya bahkan diperkirakan mencapai lebih dari 200 bahasa. Beberapa diantaranya adalah Bahasa Nahuatl, Mixtek, Zapotek dan Yukatek, yaitu bahasa sehari-hari yang digunakan oleh orang-orang dari Suku Maya di Meksiko.

Sayangnya keberadaan dari bahasa-bahasa tradisional ini terancam punah. Pasalnya bahasa asli orang Meksiko tersebut saat ini hanya bertahan di antara komunitas kecil dan hanya diucapkan oleh orang-orang dari generasi yang lebih tua.

2. Mexico City Dibangun di Atas Reruntuhan Ibukota Kuno Suku Aztec
Kaum Aztec mendiami lembah Meksiko setelah mereka menyaksikan tanda yang diramalkan sebelumnya, dimana seekor elang yang berdiri di atas kaktus sedang memakan seekor ular, tanda yang kini telah menjadi bagian penting dari bendera Meksiko. Pada 1325 Masehi para pejuang Aztec kemudian mendirikan kota di tempat tersebut, dan diberi nama La Gran Tenochtitlan, atau Tenochtitlan yang agung.

Pendirian kota Tenochtitlan yang kemudian menjadi Mexico City pada tahun tersebut menjadikan Mexico City sebagai kota tertua di kawasan Amerika Utara. Pada tahun 1519, Spanyol yang dipimpin oleh Hernán Cortes, datang dan menaklukkan Raja Aztec, Moctezuma. Orang-orang Spanyol ini kemudian menghancurkan Kota Tenochtitlan. Di atas reruntuhan Tenochtitlan, mereka lalu membangun kembali sebuah kota baru yang menyerupai sebuah kota di Spanyol. Kota itu kini dikenal dengan nama Mexico City.

3. Universitas Tertua di Amerika Utara Ada di Meksiko
Tahukah Anda bahwa universitas tertua di belahan Amerika Utara bukanlah Harvard di Amerika Serikat, melainkan Universidad Nacional Autónoma de México atau Universitas Nasional Meksiko yang biasa disingkat UNAM, yang berada di Mexico City. UNAM didirikan pada tahun 1551 oleh Charles V dari Spanyol, atau 85 tahun sebelum berdirinya Harvard. Universitas ini sempat ditutup pada tahun 1867 oleh kaum liberal. Namun kembali dibuka pada 22 Se ptember 1910. UNAM adalah salah satu universitas terbesar di Meksiko, dan salah satu yang terbaik di benua Amerika.