breaking news New

Informasi Seputar Kuliah di Salah Satu Negara Indah di Dunia Denmark

Kuliah di Denmark Kuliah di Denmark

Denmark adalah negara kecil yang terletak di pintu gerbang antara Eropa utara dan barat. Meskipun negara ini tidak luas, banyak mahasiswa yang menuju ke negara ini sebagai tujuan kuliah dan penelitian yang serius.

University of Copenhagen memimpin di posisi 51 pada Top 400 di peringkat yang disurvei oleh 2012/13 QS World University Rankings.

Biaya kuliah yang gratis untuk siswa dari Uni Eropa juga tidak terlalu tinggi untuk mahasiswa yang berasal dari negara lebih jauh. Selain itu banyak mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris (seperti di negara-negara Nordik lainnya, penduduk Denmark umumnya berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik).

Hidup di Denmark

Banyak hal yang mengaitkan Denmark dengan karya-karya yang cukup suram seperti Viking, Hamlet, berbagai pembahasan mengenai kecemasan eksistensial di karya Soren Kierkegaard) Tapi duta budaya yang jauh lebih cocok untuk bangsa Denmark modern adalah Lego, merek mainan yang berwarna cerah. Denmark sebenarnya adalah salah satu negara paling bahagia di dunia. Dan ada banyak hal di negara ini yang dapat membuat kamu bahagia. Denmark adalah sebuah negara makmur dengan kesetaraan kekayaan yang tinggi, dan mempunyai tingkat tertinggi di dunia untuk kebebasan pers dan kesetaraan gender, serta kaya dalam seni dan budaya.

Tidak heran penduduk Denmark memiliki kata yang dapat diterjemahkan untuk rasa kenyamanan dan kepuasan yaitu “hygge”.

Dalam beberapa tahun terakhir, budaya Denmark yang paling terkenal adalah festival musik Roskilde, Noma (dinobatkan sebagai restoran terbaik di dunia selama tiga tahun terakhir) dan serial televisi laris berjudul The Killing.

Universitas di Copenhagen

Copenhagen adalah ibukota Denmark dan merupakan salah satu kota yang paling terkenal di Eropa. Di Copenhagen terdapat berbagai arsitektur yang menakjubkan, kegiatan yang seni budaya yang dinamis dan penuh warna, kafe dan bar yang tak terhitung jumlahnya, dan berbagai fasilitas hiburan lainnya yang dapat dinikmati setiap hari. Meskipun Copenhagen bukan tempat termurah di dunia untuk belajar, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan yang tidak ada London atau Paris.

University of Copenhagen adalah universitas tertua dan paling bergengsi di Denmark (peringkat 51 di QS World University Rankings). Di Copenhagen juga terdapat Technical University of Denmark, yang mendapat peringkat 132, Copenhagen Business School dan IT University of Copenhagen.

Universitas di Aarhus

Aarhus adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di semenanjung utama di Denmark.

Kota ini merupakan tempat universitas dengan peringkat kedua tertinggi di Denmark yakni Aarhus University.

Seperti Copenhagen, kota ini memiliki dua katedral kuno yang didirikan abad ke-13 serta dilengkapi kehidupan budaya yang kaya dan serta populasi mahasiswa yang besar.

Aarhus mendapat status sebagai kota paling bahagia di dunia dari Dan Buettner di National Geographic.

Universitas di Odense

Odense adalah kota terpadat ketiga Denmark. Kota ini terletak di pulau Funen yang berada di antara semenanjung Jutland utama dan pulau terbesar Selandia. Kota ini sangat bersejarah karena merupakan tempat kelahiran Hans Christian Andersen. Odense juga kaya dengan cerita sejarah era Viking. Kamu dapat melihat kerangka Saint Canute (santo pelindung negara Denmark) yang dipamerkan di katedral bersejarah di kota ini.

Di Odense terdapat kampus utama University of Southern Denmark yang menduduki peringkat 318 di 2012/13 QS World University Rankings. Kota yang relatif kecil ini tiap tahun menjadi semakin ramai dengan bertambahnya populasi mahasiswa yang semakin banyak.

Universitas di Aalborg

Aalborg adalah sebuah kota industri di utara Jutland. Di kota ini terdapat Aalborg University, yang berada di peringkat 352 pada 2012/13 QS World Ranking University. Seperti yang kamu harapkan dari sebuah kota Denmark yang besar, kota ini memiliki banyak arsitektur bersejarah yang terawat. Salah satu daya tarik utama Aalborg adalah Jomfru Ane Gade yaitu jalan panjang yang merupakan pusat budaya, kafe dan kehidupan malam.

Di kota ini juga diselenggarakan karnaval terbesar di Skandinavia yang secara rutin diadakan menjelang akhir Mei. Pinggiran kota Aalborg saat ini sedang direnovasi jangka panjang melalui proyek peremajaan kota.

Biaya Kuliah di Denmark

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Komisi Eropa pada bulan September 2012, biaya pendidikan tinggi bagi mahasiswa bervariasi di Eropa.. Negara-negara Nordik cenderung mempunyai biaya kuliah yang paling murah, meskipun Finlandia dan Swedia baru-baru ini bergabung dengan Denmark untuk memperkenalkan biaya yang sudah ditetapkan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi untuk siswa internasional.

Pendidikan tinggi di Denmark gratis untuk mahasiswa dari Uni Eropa / EEA dan untuk mahasiswa yang berpartisipasi dalam program pertukaran. Semua mahasiswa mengambil kursus paruh waktu membayar biaya kuliah yang ditetapkan oleh perguruan tinggi yang sama. Untuk semua mahasiswa, kuliah tahunan berkisar antara 6.000 sampai 16.000 (DKK 45,000-120,000).

Kamu juga tidak membayar uang kuliah jika memiliki:

  • Izin tinggal permanen
  • Izin tinggal sementara yang dapat diperbarui menjadi izin tinggal permanen
  • Induk dari negara non-EU/EEA yang sudah bekerja di Denmark
  • Mahasiswa dari luar Uni Eropa / EEA / Swiss akan dikenakan biaya ketika mengajukan permohonan izin tinggal (visa) untuk belajar di Denmark.
  • Tawaran program beasiswa 368 Masters di Denmark

Beasiswa dan Hibah

Hibah dari pemerintah Denmark tersedia untuk semua kalangan mahasiswa. Jumlah maksimumnya adalah DDK 5662 per bulan selama 12 bulan setiap tahunnya untuk mahasiswa yang hidup secara mandiri.

Hibah tambahan tersedia bagi mahasiswa yang menjadi orang tua dan bagi orang tua tunggal. Hibah tambahan sebanyak DDK 8051 per bulan tersedia untuk mahasiswa penyandang cacat.

Pinjaman negara dari DDK 2.897 per bulan yang tersedia untuk semua mahasiswa. Selama periode penelitian dan studi, berlaku tingkat bunga 4% per tahun. Mahasiswa harus mulai membayar kembali selambat-lambatnya satu tahun setelah akhir tahun saat mereka lulus. Pinjaman ini harus dibayar kembali dalam waktu 15 tahun. Sekitar setengah dari semua mahasiswa yang pernah kuliah di Denmark memanfaatkan pinjaman negara. Tidak ada tambahan pajak bagi orang tua mahasiswa atau tunjangan keluarga.

Beasiswa pemerintah Denmark untuk mahasiswa non-EU/EEA sangat berkualitas .Lembaga pendidikan tinggi Denmark menerima sejumlah beasiswa pemerintah setiap tahun untuk mendanai mahasiswa yang berprestasi dari negara non-EU/EEA dan Swiss.

Dalam rangka memenuhi persyaratan untuk beasiswa kamu harus:

  • Seorang warga suatu negara di luar Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa atau Swiss.
  • Terdaftar untuk kuliah suatu gelar penuh dalam program pendidikan tinggi.
  • Mempunyai izin tinggal dalam waktu terbatas di Denmark karena urusan pendidikan.

Kebanyakan lembaga di Denmark juga memiliki perjanjian bilateral dengan lembaga pendidikan tinggi asing (Nordplus, Erasmus, Erasmus Mundus). Perjanjian ini biasanya dirancang untuk saling pertukaran mahasiswa, peneliti dan guru. Program nasional dan Eropa menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang ingin belajar di Denmark melalui kesepakatan institusional, sebagai mahasiswa tamu atau sebagai bagian dari penyerahan gelar kelulusan ganda secara internasional.

Dikutip dari beberapa sumber dan penambahan secukupnya.